Profesi bankir yang membidangi kredit perbankan, merupakan bagian dari kompetensi profesi bankir secara menyeluruh.

Kompetensi profesi bankir dimaksud, terdiri dari sejumlah sub profesi atau spesialisasi di bidang perbankan yang terkait satu dengan lainnya dalam pengelolaan bisnis bank.

Kompetensi profesi bankir yang terdiri dari sejumlah sub profesi atau spesialisasi di bidang perbankan tersebut berinteraksi satu dengan lainnya dalam melaksanakan bisnis perbankan, dan diharapkan dapat mencapai tujuan bisnis perbankan yang sehat, kuat dan efisien. Kompetensi profesi dimaksud dapat dipetakan dalam model arsitektur bangunan, yang dapat mengilustrasikan peta kompetensi profesi bankir dan tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Berdasar pada ketentuan yang diberlakukan oleh Bank Indonesia, sejumlah sub profesi bankir dalam peta profesi bankir tersebut dinyatakan mandatori untuk disertifikasi. Untuk pelaksanaan sertifikasi kompetensi/profesi dimaksud, sistem dan prosedur serta komponen sistem standardisasi dan sertifikasi kompetensi dikembangkan. Salah satu dari komponen system yang harus tersedia adalah SKKNI perbankan. Gambar berikut memberikan ilustrasi bagaimana kompetensi profesi bankir terpetakan.


Gambar Peta Kompetensi Profesi Bankir

Catatan:

  • Sub profesi bankir di bidang finance & accounting, human resources, information technology dan sales & marketing tidak disertifikasi.
  • Bank Risk Management, Treasury, Internal Audit, Wealth Management, General Banking, Compliance, Lending, Funding and Services dan Operation memerlukan sertifikasi kompetensi/profesi.

 

Kami Siap Membantu Anda!
Dalam pelayanan Uji Kompetensi Perbankan / Bankir  yang bersertifikasi dari LSPP (Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan)

PT. AZECOTAMA Consultant & Services
Ruko Taman Hijau Baru No. 7
Jl. Bukit Hijau I – Pondok Indah Jakarta Selatan 12310
Telp : 021-2297 5383
Contact Person HP/WA: 0812-1063-6535 (Fitri)
E-Mail : marketing@trainingperbankan.com
info@azecotama.com